Analisa Kredit Aspek Karakter (Kredit Mikro)

Dalam praktek selama ini,ada berbagai macam indikator-indikator yang dapat dijadikan patokan oleh analis kredit maupun juga oleh pihak pemutus kredit didalam menilai kelayakan suatu usulan kredit berdasarkan aspek karakter yakni:

1.Umur/Usia
Tujuan analisa berkaitan dengan soal umur disini adalah menyangkut risiko Fikiran dan Fisik. Semakin tua semakin tinggi risikonya dikarenakan faktor kesehatan dan stamina hidup, demikian pula halnya bila terlalu muda semakin kurang juga nilainya dikarenakan faktor pengalaman dan kedewasaaan. Meskipun penilaian tersebut tidak mutlak, namun hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan didalam memutuskan usulan kredit. Data mengenai umur tersebut dapat kita ketahui melalui Isian form dan juga interview

2.Riwayat Pendidikan
Semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi nilainya, pendidikan disini tidak hanya sebatas pendidikan formal tapi juga meliputi pendidikan non formal. Penilaian terhadap pendidikan ini juga tidak mutlak karena tidak jarang banyak para entrepreneur sukses yang latar belakang pendidikannya hanya SDTT (Sekolah Dasar Tidak Tamat)

3.Pengalaman
Semakin lama dan banyak pengalaman yang oleh pemilik, key person ataupun pegawai didalam menjalankan usahanya semakin kecil risiko yang dihadapi, tentunya informasi ini cukup membantu bagi analis kredit didalam menyampaikan usulan kreditnya kepada pejabat pemutus kredit. Informasi ini dapat digali melalui wawancara secara langsung maupun juga dari beberapa track record usaha yang dijalankan minimal 2 tahun terakhir

Dan beberapa indikator penilaian lainnya baik ketekunan, ke kreativitasan, ketegasan maupun kejujurannya yang kesemuanya dapat diperoleh melalui interview secara langsung serta mencocokkan apa yang diungkapkan dengan realitanya.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.