PENYEBAB KREDIT BERMASALAH series 2

Melanjutkan pembahasan pada series 1 mengenai penyebab kredit bermasalah, beberapa hal yang dapat diindikasikan untuk suatu kredit menjadi bermasalah yakni:

Kurangnya pengawasan terhadap kredit yang telah dicairkan. Kredit baru dikatakan terealisasi disaat fasilitas tersebut telah dicairkan dan keadaan mulai menjadi masalah ketika account officer lalai didalam memonitoring pemenuhan kewajiban kredit tiap akhir bulannya.

Disamping itu kesalahan juga akan semakin runyam ketika fasilitas yang diberikan sudah hampir jatuh tempo namun pihak Bank lalai didalam memberitahukan kepada pihak nasabah apakah fasilitasnya akan diperpanjang atau mau dilunasi.

Disini peran seorang account officer menjadi mutlak didalam memonitoring perkembangan dari account-accountnya, oleh karenanya sudah menjadi suatu keharusan pihak institusi memberikan pelatihan, pendidikan dan perhatian terhadap peningkatan kualitas dari account officer.

Kurangnya monitoring dan informasi secara detail mengenai keadaan bisnis perusahaan yang dibiayai. Dalam hal ini kembali lagi ke pihak intern Bank. Pihak bank senantiasa harus meluangkan waktu minimal 1 kali dalam tiap bulan untuk melakukan kunjungan langsung ke lokasi usaha debitur memantau perkembangan bisnisnya (on the spot monitoring) disamping monitoring dilakukan secara on the desk.

Pantauan dilakukan meliputi kondisi usaha secara mendetail, kondisi keuangannya serta kemampuan membayarnya bilamana ada kejanggalan segera dikomunikasikan dengan pihak debitur.

Demikian , semoga bermanfaat...

Hasan


Posted via Blogaway

This entry was posted in . Bookmark the permalink. Location: 3, Pancoran, Indonesia

Leave a Reply

Powered by Blogger.